Secara etimologi, kata “media” merupakan bentuk jamak dari “medium” , yang berasal danBahasa Latin “medius” yang berarti tengah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kata “medium” dapat diartikan sebagai “antara” atau “sedang” sehingga pengertian media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.
Kreativitas (creativity) dapat dijabarkan sebagai kapasitas atau daya dan upaya untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang unik, menciptakan solusi dari suatu masalah atau melakukan sesuatu yang berbeda dari pakem (thinking outside the box) yang menggerakkan sektor lain (setelah ada inovasi), dan memperbaiki kualitas hidup. Kreativitas memiliki kaitan yang erat dengan inovasi dan penemuan (invention), yaitu kreativitas merupakan faktor yang menggerakkan lahirnya inovasi (innovation) dalam penciptaan karya kreatif dengan memanfaatkan penemuan (invention) yang sudah ada.
Sehingga dapat dikatakan bahwa Media Kreatif adalah suatu pengantar komunikasi yang dapat meneruskan suatu informasi (pesan) antar sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan melalui penjabaran daya dan upaya yang unik dalam menciptakan solusi dari suatu permasalahan dalam ranah komunikasi visual. Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa ataupun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat. Peranan periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan produk yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang produk yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dan untuk membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.
Sesuai dengan fungsi Desain komunikasi visual dalam tataran SKKNI yakni :to inform, to identify, and to persuade. Fungsi tersebut memberikan informasi, mengidentifikasi dan membujuk (mempersuasi) dengan mempergunakan media grafis (berbasis cetak), media digital, dan environmental (lingkungan). Hal ini mempunyai arti bahwa fungsi DKV dan advertising dapat saling bersinggungan terkait dengan konten dan konteks sesuai dengan pembahasan.
Sehingga dari hasil pembahasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Kelompok Keahlian Creative Media and Advertising merupakan kelompok keahlian di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang berupaya membangun penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengembangan keilmuan Visual Design yang dapat diterapkan dalam kurikulum untuk pengajaran kepada mahasiswa dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat.
Creative Media | Advertising |
---|---|
New Media Digital Design Manual Design Photography User Interface Videography |
Copy Writing Branding Visual Communication Visual Culture |
Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.
Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:
Adalah komunikasi menggunakan elemen visual berupa tulisan, bentuk dan gambar untuk menciptakan persepsi suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.
Penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video, dengan alat dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Berdasarkan profil tersebut, maka profesi atau jenis pekerjaan bagi lulusan program studi Desain Komunikasi Visual yang saat ini banyak dibutuhkan antara lain:
No | Nama | Fokus Penelitian |
---|---|---|
1. | Ferdinanda | Manajemen dan Media |
2. | Nofrizaldi | Seni Rupa/Grafis |
3. | Elianna Gerda Pertiwi | Interior Desain |
4. | Monica Revias P.K | Advertising |
5. | Achmad Sultoni | Komunikasi Linguistik |
6. | Arsita Pinandita | Branding |
7. | Galih Putra Pamungkas | Fotografi Desain |
8. | Emmareta Fauziah | Produk Desain |
9. | Riri Irma Suryani | Videografi |
10. | Uzda Nabila Sabiriani | Budaya Desain |
11. | Gandung Kalbu Adi | Multimedia |