Media Kreatif dan Periklanan

Kelompok Keahlian

Media Kreatif dan Periklanan

Secara etimologi, kata “media” merupakan bentuk jamak dari “medium” , yang berasal danBahasa Latin “medius” yang berarti tengah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kata “medium” dapat diartikan sebagai “antara” atau “sedang” sehingga pengertian media dapat mengarah pada sesuatu yang mengantar atau meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan. Media dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi.

Kreativitas (creativity) dapat dijabarkan sebagai kapasitas atau daya dan upaya untuk menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang unik, menciptakan solusi dari suatu masalah atau melakukan sesuatu yang berbeda dari pakem (thinking outside the box) yang menggerakkan sektor lain (setelah ada inovasi), dan memperbaiki kualitas hidup. Kreativitas memiliki kaitan yang erat dengan inovasi dan penemuan (invention), yaitu kreativitas merupakan faktor yang menggerakkan lahirnya inovasi (innovation) dalam penciptaan karya kreatif dengan memanfaatkan penemuan (invention) yang sudah ada.

new ideas

Sehingga dapat dikatakan bahwa Media Kreatif adalah suatu pengantar komunikasi yang dapat meneruskan suatu informasi (pesan) antar sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan melalui penjabaran daya dan upaya yang unik dalam menciptakan solusi dari suatu permasalahan dalam ranah komunikasi visual. Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa ataupun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat. Peranan periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan produk yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang produk yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dan untuk membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.

Sesuai dengan fungsi Desain komunikasi visual dalam tataran SKKNI yakni :to inform, to identify, and to persuade. Fungsi tersebut memberikan informasi, mengidentifikasi dan membujuk (mempersuasi) dengan mempergunakan media grafis (berbasis cetak), media digital, dan environmental (lingkungan). Hal ini mempunyai arti bahwa fungsi DKV dan advertising dapat saling bersinggungan terkait dengan konten dan konteks sesuai dengan pembahasan.

Sehingga dari hasil pembahasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Kelompok Keahlian Creative Media and Advertising merupakan kelompok keahlian di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang berupaya membangun penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pengembangan keilmuan Visual Design yang dapat diterapkan dalam kurikulum untuk pengajaran kepada mahasiswa dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

Creative Media Advertising
New Media
Digital Design
Manual Design
Photography
User Interface
Videography
Copy Writing
Branding
Visual Communication
Visual Culture
ideas
  1. New Media

    Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Menurut Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

    Pada new media ada beberapa komponen seperti Pembuat,penyalur dan pemakai juga media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media,diantaranya adalah sebagai berikut:

    Produsen
    merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
    Distributor
    adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
    Konsumen
    adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
    Internet & Web Personal Komputer (PC) / Notebook DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc) VCDs (Compact Discs) Portable Media Player. Mobile Phone. Video Game/ Game Computer. Virtual Reality.
  2. Desain Grafis

    Adalah komunikasi menggunakan elemen visual berupa tulisan, bentuk dan gambar untuk menciptakan persepsi suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

  3. Multimedia

    Penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video, dengan alat dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Fungsi Kelompok Keahlian Media Kreatif dan Periklanan

  1. Meningkatkan kompetensi dan kepakaran di bidang desain komunikasi visual melalui media kreatif dan periklanan.
  2. Pengembangan objek seni dan desain meliputi inovasi media dan ilmu pengetahuan.
  3. Pengembangan material serta teknologi produksi yang merujuk kepada kualitas prototype produk dan bentuk objek desain serta kajian yang berbasis kearifan lokal.
  4. Pengkajian proses desain yang meliputi pengetahuan tentang metodologi, produksi dan bisnis dalam bidang seni, desain dan media kreatif secara digital.
  5. Pengembangan kemampuan komunikasi, tipografi, ilustrasi, fotografi dengan kaidah desain komunikasi visual yang menarik dan efisien demi tujuan persuasif.
new task

Profil lulusan program studi Desain Komunikasi Visual

  1. Desainer Grafis/Komunikasi Visual adalah seseorang yang mempunyai keahlian merancang solusi komunikasi visual melalui program identitas, informasi dan persuasi yang sesuai tujuan yang ditetapkan pemberi tugas kepada khalayak sasarannya dengan menggunakan media konvensional (berbasis cetak) maupun non konvensional (non cetak).
  2. Desainer Grafis/Komunikasi Visual mengemas informasi menjadi media visual yang dimengerti khalayak sasarannya. Desainer Grafis/Komunikasi Visual membuat konsep komunikasi grafis, merancang dan meyelaraskan elemen-elemen desain sesuai dengan prinsip-prinsip desain. Untuk mencapai tujuan komunikasi yang diharapkan.
  3. Desainer Grafis/Komunikasi Visual dalam bekerja mendapatkan bahan-bahan berupa naskah dari penulis naskah, gambar dari illustrator, foto dari fotografer, maupun materi-materi lainnya dari pihak ketiga. Agar hasil yang diperoleh sesuai dengan kebutuhannya, Desainer Grafis/Komunikasi Visual harus mampu membuat brief dan memberikan supervisi kepada pihak ketiga yang menjadi rekanannya.
career progress

Berdasarkan profil tersebut, maka profesi atau jenis pekerjaan bagi lulusan program studi Desain Komunikasi Visual yang saat ini banyak dibutuhkan antara lain:

  1. Desainer dengan bidang keahlian utama Desain Grafis.
  2. Desainer dengan bidang keahlian utama Multimedia.
  3. Desainer dengan bidang keahlian utama Advertising (Periklanan).
  4. Akademisi Desain Komunikasi Visual, yakni peran yang terkait sikap seorang
  5. Intelektual seperti kritis, analitis, dan mampu menghasilkan karya ilmiah

Fasilitas

  1. Lab. AUVI Menyangkut proses belajar mengajar yang berkaitan dengan gambar statis dan dinamis disertai dengan penggunaan audio sebagai media pendukung. Penunjang penelitian dalam bidang fotografi, Audio-Video editing. Lab berupa ruangan gelap kedap suara yang multifungsi, dapat mendukung sebagai ruang pameran dengan adanya lampu sorot di tiap panel dinding.
  2. Lab. Gambar/ Industri Menyangkut proses belajar mengajar yang berkaitan dengan manual drawing. penunjang penelitian dan pengajaran untuk mata kuliah gambar bentuk, gambar proyeksi, dll. Laboratorium gambar terdiri dari 20 meja gambar dengan menggunakan ruang kelas IOT Lantai 3.
  3. Bengkel DKV
  4. Lab. Komputer Laboratorium komputer digunakan sebagai proses belajar mengajar yang berkaitan dengan penggunaan media digital. Penunjang penelitian dan pengajaran untuk mata kuliah, komputer grafis, animasi, multimedia, dll. (*belum terealisasikan dan tidak updatenya aplikasi pendukung pengajaran, update aplikasi pengolahan digital berkaitan dengan licence).

Fokus Penelitian Dosen

No Nama Fokus Penelitian
1. Ferdinanda Manajemen dan Media
2. Nofrizaldi Seni Rupa/Grafis
3. Elianna Gerda Pertiwi Interior Desain
4. Monica Revias P.K Advertising
5. Achmad Sultoni Komunikasi Linguistik
6. Arsita Pinandita Branding
7. Galih Putra Pamungkas Fotografi Desain
8. Emmareta Fauziah Produk Desain
9. Riri Irma Suryani Videografi
10. Uzda Nabila Sabiriani Budaya Desain
11. Gandung Kalbu Adi Multimedia